Apakah penggunaan isu agama hanya terjadi saat ini saja dalam sejarah Pilkada Jakarta? Jelas tidak dong cing. Sejak beberapa tahun lalu, sejumlah elite dan tokoh agama dan politik di Jakarta itu (da'i, ustad, aktivis partai, pemimpin ormas, dlsb) hobi banget menggunakan isu agama demi memenangkan jagoan mereka sekaligus menjungkalkan lawan atau rival mereka.
Saya tekankan disini pada "tokoh" atau
"elit" bukan massa. Kalau "massa" itu hanya "kelas
pion" atau cheerleader penggembira grubyak-grubyuk kesana-kemari mengikuti
kemana saja angin atau kentut "majikan" mereka bertiup. Majikannya ya
siapa saja yang menyediakan "nasbung" (tak peduli Muslim-non-Muslim,
aseng tongseng oseng-oseng he he). Modal "massa" ini cuma teriak
sekeras-kerasnya tapi tidak mengerti substansi yang diteriakkan. Pokoknya
teriak. Udah gitu ajah.
Dulu, pada tahun 2007 misalnya, ketika Fauzi Bowo bertarung
melawan Adang Daradjatun yang diusung PKS, isu agama belum begitu tampak karena
baik Fauzi Bowo maupun Adang Daradjatun sama-sama "satu kelas" lah
latar belakang sosial dan kualitasnya. Selain itu, Fauzi Bowo didukung oleh
mayoritas partai yang membuat PKS yang doyan "isu agama" jadi
mengkeret.
Baca juga : ( pembunuh-sahabat-ali-bin-abi-thalib-seorang ahli ibadah )
Pada Pilkada 2012, "isu agama" mulai berhembus
cukup santer didengungkan oleh PKS dan jaringan ustad dan dainya karena bos
mereka Hidayat Nur Wahid ikut berlaga maju sebagai calon gubernur, bertarung
melawan Jokowi (yang berpasangan dengan Ahok) dan Fauzi Bowo. Tema kampanye dan
"pengajian/khutbah politik" waktu itu lebih fokus memilih pemimpin
Islami dan gubernur syar'i. Maksudnya tentu saja untuk mempromosikan,
memasarkan, dan memilih Ustad Hidayat Nur Wahid karena dialah yang dianggap
paling "Islami," "syar'i", dan "Arabi" dibanding
Fauzi Bowo apalagi Jokowi.
Tapi apa lacur, Hidayat keok ndlosor klepek-klepek di
putaran pertama padahal PKS and rombongannya sudah sangat pede abis sambil
membusungkan dada kalau jagoannya mampu meraup lebih dari 50% suara sehingga
mampu memenangkan petarungan dengan mudah. Sim salabim aba gadabra cling eh
ternyata cuma dapat 11% di doi sehingga harus terhempas di putaran pertama.
Pada putaran pertama, Jokowi waktu itu dapat 42%. Sedangkan Fauzi Bowo
memperoleh 34%.
Padahal, Pak Hidayat Nur Wahid adalah sosok yang relatif
cukup populis di kalangan Muslim kota, apalagi kaum mualaf, karena pinter
ngaji, tidak terlibat skandal korupsi (apalagi isu penistaan agama he he),
tampilannya yang sederhana dan tampak "Islami". Pokoknya oke oce lah
waktu itu. Mungkin Tuhan sedang memberi ujian dan cobaan buat beliau dan PKS
supaya lebih bersabar dan tawakal karena hidup ini ternyata tidak datar seperti
bumi.
Baca juga : ( memahami-ibn-khaldun-tokoh idola ceo facebook )
Setelah kalah pada ronde pertama, isu agama mulai kenceng
dihembuskan oleh sejumlah tokoh Muslim dan elit parpol Islami. Kali ini
sasarannya tentu saja Jokowi-Ahok. Waktu itu, mereka bukan hanya menyerang Ahok
yang memang sudah jelas "tapir-aseng" tetapi juga Jokowi yang dituduh
macam-macam: Islam abanganlah, keluarga komunislah. Pokoknya banyak banget.
Meskipun diserang bertubi-tubi, ternyata Tuhan dan
masyarakat Jakarta berkehendak lain: Jokowi-Ahok meraup 54% sehingga
memenangkan laga Pilkada Jakarta. Alhamdulilah ya bos.
Kini, barisan pendukung Anies-Uno sebetulnya adalah
"barisan sakit hati" atau "barisan pasien amnesia". Coba
saja Anda pikir: Anies itu oleh "mereka" dulu dituduh Syiah-liberal,
antek ini-itu. Cuma karena PKS itu miskin kader atau mungkin trauma dengan
pengalaman masa lampau yang jagonya keok, akhirnya terpaksa deh dukung Anies.
Begitu pula, karena para tokoh "Islami" itu juga
tidak punya calon Muslim yang handal dan "syar'i (apalagi Gubernur FPI
Bang Oji juga gak tahu tuh bagaimana kabarnya, dimana rimbanya karena sudah
lama kok gak pulang-pulang menyusul Bang Tayib kali ye he he), akhirnya ya
terpaksa juga deh ikut-ikutan mendukung Anies yang dulu mereka Syiah-liberalkan
itu.
Jadi istilahnya: "Tiada jenggot, jembut pun jadi"
lah he he. Selamat berhari Jum'at...
Sumber berita : Tulisan Prof. Sumanto Al Qurtuby
No comments:
Post a Comment