Thursday, March 16, 2017

20 Metode Dan Tehnik Mengajar Terbaru Dari Dr. M. Syafi'i Antonio



ISLAM KITA- Berhasil jadi guru tidak hanya karna menenteng ijazah dari fakultas keguruan atau memperoleh sertifikasi profesional. Guru keren di mata serta hati siswa juga beken serta jadikan favorite karna cara mengajar asik serta menarik. Ingin tahu 20 cara mengajar yang sudah dipraktekkan oleh Rasulullah SAW

Satu diantara aspek utama kejayaan pendidikan Rasulullah SAW yaitu karna beliau jadikan dianya sebagai jenis serta teladan untuk umatnya. Pasti, guru yang baik semestinya jadi teladan serta jenis untuk siswanya. Perkataan serta aksi guru mesti searah serta sejujurnya.


Ingat ungkapan ini 'jangan ada dusta di antara guru serta siswa'. Nio Gwan Chung (Dr. M. Syafii Antonio, M. Ec) dalam bukunya Muhammad SAW The Super Leader Super Manager menuliskan 20 cara serta tehnik pengajaran sebagai 'holistic learning methods', yakni :


1. Learning conditioning

“meminta diam untuk mengingatkan, menyeru dengan cara segera serta perintah untuk memerhatikan serta diam lewat cara tak langsung”


2. Active interaction

“interaksi pendengaran : tehnik bicara, tak bertele-tele pada perkataan serta tidaklah terlalu bernada puitis, memerhatikan intonasi, diam sebentar ditengah-tengah keterangan ; hubungan pandangan : eye kontak dalam mengajar, memakai ekspresi muka, tersenyum”


3. Applied-learning

“metode praktikum yang diaplikasikan oleh guru serta yang dikerjakan oleh siswa”


4. Scanning and leveling

“memahami siswa dengan cara individu sesuai sama tingkat kecerdasannya”


5. Discussion and feed-back

“metode yang logis dalam memberi jawaban serta bikin contoh simpel yang gampang dipahami”


6. Story telling

“bercerita”


7. Analogy and case study
“memberikan perumpamaan serta studi masalah riil di sekitaran kehidupan”

8. Teaching and Motivating

“meningkatkan gairah belajar serta rasa keingintahuan yang tinggi”


9. Body language

bikin penyampaiannya jadi bertambah jelas, lebih tentu serta terang ; menarik perhatian pendengar serta bikin arti yang disebut menempel pada fikiran ; mempersingkat waktu”


10. Picture and graph technology

“penjelasan diperkuat dengan gambar atau tulisan”


11. Reasoning and alasantation
“mengungkapkan argumen bakal memperjelas suatu hal yang susah serta berat supaya dipahami oleh siswa”


12. Self reflection
“memberi peluang pada siswa untuk menjawab sendiri satu pertanyaan supaya siswa bisa memaksimalkan kerja otak serta mengasah fikiran”


13. Affirmation and repetition

“pengulangan kalimat serta perkataan nama”


14. Focus and point basis

“menggunakan tehnik berdasar pada rumusan-rumusan besar atau poin bakal menolong siswa dalam menyerap pengetahuan serta menjaganya dari lupa”


15. Question and answer metodh

“teknik ajukan pertanyaan untuk menarik perhatian pendengar serta bikin pendengar siap pada apa yang bakal di sampaikan kepadanya”


16. Guessing with question

“penting untuk menguatkan pemahaman serta jadi besar keingintahuan”


17. Encouraging student to ask

“guru memberi peluang serta motivasi pada siswa untuk berani ajukan pertanyaan : ajukan pertanyaan bisa menghapus kebodohan dan melakukan perbaikan pemahaman serta pemikiran serta jadi alat pelajari guru atas langkah penyampaian pelajarannya”


18. Wisdom in answering question

“menyikapi beberapa orang yang ajukan pertanyaan sesuai sama tingkat pengetahuannya ; menanggapi si penyanya dengan sikap yang berguna baginya”


19. Commenting on student question
“memberikan komentar pada jawaban siswa”


20. Honesty

“seorang guru mesti menanamkan sikap mulia berani mengaku ketidaktahuan kedalam diri siswanya. perkataan 'aku tidak paham yaitu sisi dari ilmu’







Sumber : http://www.liputan6.com/


1 comment: